RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 08
Air Nyatoh
Kelas/Semester : IV/II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Tema : Makan dan Minum
Sub Tema : Mengenal Ketentuan
(Adab) Makan dan Minum
A.
Kompetensi
Inti
|
Bidang Studi
|
Kompetensi Inti
|
|
Pendidikan
Agama Islam
|
§ Menghayati,
memahami serta mengamalkan perilaku sopan dan santun dalam berinteraksi secara
efektif dengan keluarga dan lingkungan
sosial yang mencerminkan perilaku anak yang beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
|
Bidang Studi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
Pendidikan
Agama Islam
|
§ Mengetahui
tata cara makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari, seperti mencuci
tangan, berdoa, menggunakan tangan kanan, dan duduk di kursi ketika makan dan
minum.
|
§ Melakukan
praktek dengan mencuci tangan, berdoa dan menggunakan tangan kanan dan duduk
dikursi.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
|
Bidang Studi
|
Tujuan Pembelajaran
|
|
Pendidikan
Agama Islam
|
Melakukan kegiatan
eksperimen, peserta didik dapat
1.
Menjelaskan 2 alasan
mencuci tangan sebelum dab sesudah makan.
2.
Mempraktekkan
mencuci tangan sampai bersih, berdoa, menggunakan tangan kanan serta duduk
dikursi ketika makan dan minum.
|
D.
Materi
Ajar
|
Bidang Studi
|
Materi Ajar
|
|
Pendidikan
Agama Islam
|
Kebiasaan baik dalam
melaksanakan makan dan minum
|
E.
Model
dan Metode Pembelajaran
1. Eksperimen
2. Pengamatan
(Observasi)
3. Tanya
Jawab
4. Ceramah
5. Demonstrasi
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Pertemuan
|
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
|
|
Selasa,
08 Maret 2016
|
Pendahuluan (
5 Menit )
1.
Mengkondisikan
peserta didik agar siap mengikuti pembelajaran melalui kegiatan berdoa dan
mendata kehadiran peserta didik.
2.
Peserta didik melaksanakan senam otak kanan dan otak kiri
3.
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru tentang langkah-langkah kegiatan yang akan
mereka lakukan.
Inti 1 (7
Menit)
a.
Eksplorasi
1.
Peserta didik mengamati guru
2.
Peserta menunjukkan
anggota tubuh sesuai yang diucapkan guru
b.
Elaborasi
3.
Peserta didik
melafalkan do’a sebelum dan sesudah makan dan minum
c.
Konfirmasi
4.
Peserta menjawab
pertanyaan guru tentang adab makan dan minum.
Inti 2 (7
Menit)
a.
Eksplorasi
1.
Peserta didik
mengamati gambar anggota tubuh yang disediakan
2.
Peserta didik
menirukan kata yang diucapkan guru sesuai gambar
b.
Elaborasi
3.
Peserta didik saling
menghubungkan kata dengan anggota tubuh yang ada dalam gambar bersama teman
sebelahnya.
c.
Konfirmasi
4.
Peserta didik
menunjukkan hasil pengamatannya di depan kelas
Inti 3 (7
Menit)
a.
Eksplorasi
1.
Peserta didik
memperhatikan contoh cara makan dan minum
b.
Elaborasi
2.
Peserta didik mengurutkan
langkah-langkah makan dan minum
3.
Peserta didik
mengerjakan tugas sesuai gambar
c.
Konfirmasi
4.
Peserta didik
bersama guru membuat kesimpulan tentang cara makan dan minum dengan baik.
Penutup (4
Menit)
1.
Peserta didik
mendapatkan kegiatan tindak lanjut dari guru
2.
Doa penutup
|
G.
Media
dan Sumber Belajar
1. Media
Pembelajaran
a. Gambar
b. Piring
dan Cangkir
c. Kursi
dan Meja
2. Sumber
Belajar
H.
Penilaian
Jenis
Penilaian : Tes tulis dan
Performa
Cakupan : Pengetahuan, Sikap dan
Keterampilan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar